Jumat, 28 September 2012

LEVEL-LEVEL DALAM MANAJEMEN - M3


1.      Level bawah
Sistem informasi di level operasi mendukung manajer operasi untuk melakukan kegitannya. Tujuan utamanya adalah untuk menjawab pertanyaan rutin untuk keperluan mengontrol arus dari transaksi yang terjadi di organisasi. Sistem informasi ini terdiri dari:
a.      Transaction Processing Systems (TPS)
Sistem ini menangkap transaksi bisnis yang terjadi, mencatat di dokumen-dokumen dasar, memasukkannya ke dalam sistem informasi, dan merekamnya ke basis data dan mengolahnya menjadi informasi-informasi pencatatan nilai.
b.      Process Control Systems (PCS).
Merupakan system fisik untuk mengendaliakna alat-alat produksi yang terdiri dari:
·         CAD (Computer Aided Design) merupakan sistem komputer yang digunakan untuk membantu proses perancangan, misalnya perancangan produk.
·         CAM (Computer Assisted Manufacturing) merupakan sistem komputer yang membantu proses produksi supaya lebih efisien dan efektif.
·         ROBOT digunakan untuk menggantikan manusia dan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi dan pekerjaan bahaya.
·         CIM (Computer Integrated Manufacturing) merupakan sitem gabungan terintegrasi antara sistem produksi fisik (CAM, robot) dengan sistem informasi produksinya.
2.  Level menengah
Sistem informasi di level menengah digunakan untuk pengendalian dan pengambilan keputusan manajemen yang sifatnya setengah terstruktur. Sistem informasi ini diantaranya
a.      Sistem Pakar (SP) atau Expert Sistem (ES)
Sistem Pakar (SP) adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehinggadapat digunakan untuk konsultasi. Berguna sebagai sistem pakar yang selalu tersedia di organisasi, dapat menympan dan mengingat pengetahuan yang sangat tidak terbtas dan tidak kenal lelah.
b.      Jaringan Neural Buatan (JNB) atau Artificial Neural Network (ANN)
Jaringan Neural Buatan (JNB) merupakan jaringan neural buatan yang mencoba meniru jaringan neural manusia yang perancangannyadari jaringan neural atifisial diilhami dengan struktur dari otak manusia. Digunakan untuk memprediksi harga saham, kebangkrutan perusahaan, memprediksi kapan sahan harus dijual atau dibeli, dan memprediksi rangking dari obligasi.
c.       Sistem Penunjang Keputusan (SPK) atau Decision Support Sistem (DDS) atau GSS
Sistem Penunjang Keputusan (SPK) adalah suatu sistem informasi untuk membantu manajer level menengah untuk proses pengambilan keputusan setengah terstruktur supaya lebih efektif dengan menggunakan model-model analisis dan data yang tersedia.
d.      Sistem Informasi Geografik (SIG) atau Geographic Information Sistem (GIS)
Sistem Informasi Geografik (SIG) merupakn sistem yang menggunakan bentuk peta secara geografis.
3.      Level atas
Sistem informasi di level atas digunakan untuk perencanaan strategik dan pemecahan masalah. Sistem informasi ini adalah sistem Informasi Eksekutif (SIE) atau Executive Informasion Sistem (EIS) atau ESS  adalah sistem yang digunakan oleh manajer untuk membantu memecahkan masalah tidak terstruktur. Misalnya permasalhan tentang arah bisnis yang akan dilakukan di masa depan, posisi kompetitor dan bagaimana mengatasinya, perlu tidak ekspansi bisnis dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar